Bagaimana Cara Memilih Media Marketing Usaha Laundry yang Tepat?

Bagaimana Cara Memilih Media Marketing Usaha Laundry yang Tepat?

Masalah Pertama dalam Usaha Laundry

Banyak pengusaha yang baru memulai usaha laundry memiliki pertanyaan di benak mereka, “Bagaimana cara saya memasarkan usaha laundry saya ke calon konsumen di sekitar?” Ya, perasaan tersebut wajar kita temukan. Apalagi bagi orang yang baru menggeluti dunia usaha, khususnya per-laundry-an. Di situlah otak berputar memikirkan bagaimana strategi marketing yang tepat dalam usahanya.

Anda pernah menemukan selebaran “Voucher Gratis (max: 2kg)”? Itulah salah satu strategi marketing yang sering kita temui dengan media cetak berupa voucher. Tidak hanya itu, untuk menggaet konsumen setia, pengusaha laundry juga memiliki kertas ajian sakti mandraguna berupa koleksi nota pembeli dengan tanda bintang kecil di bagian bawah yang tertulis “Cuci 10 Kali, Gratis 2 Kg”. Inovasi lain, laundry premium turut menawarkan membership kepada pelanggan setianya. Hmm… ngarep aja dapet undian berhadiah liburan ke Maldives karena sering nyuci di laundry langganan.

                                                                                                                                  

Perkembangan Media Marketing Usaha Laundry

Sekali lagi, strategi marketing usaha laundry akan terus berkembang beriringan dengan perkembangan media yang tersedia. Zaman dahulu kala, short message service (sms) layak menjadi primadona sebagai media marketing yang handal. Jika Anda pengusaha laundry veteran, mungkin Anda saat ini tersenyum kecut mengingat kenangan Anda berusaha mati-matian mencari pelanggan baru ditemani oleh perangkat komunikasi dengan fitur utama lampu anti gelap. Bahkan sampai sekarang, sisa kejayaan sms masih terasa; meski sudah tidak digunakan oleh pengusaha laundry. Terbukti dengan sms spam dan penipuan yang membanjiri hp kita setiap hari. Redupnya sms beriringan dengan bersinarnya blackberry messenger (bbm). Sekali publish, semua kontak dapat promo, asyik kan? Meski paketan mahal, yang penting orderan lancar.

Bagaimana media marketing usaha laundry sekarang ini? SMS, hanya fitur yang terbenam di hp. Mungkin hanya kita gunakan untuk registrasi nomor baru. Itu pun nomor untuk koneksi data. BBM, sekarang hanya tinggal nama, nama yang patut dikenang, bukan untuk digunakan. Secara tidak sadar, hampir semua media marketing andalan pengusaha laundry, kini telah mati.

Baca Juga : 6 Fakta Unik Pelatihan Usaha Laundry

Marketing Online Usaha Laundry Jaman Now

Mungkin, jika dihitung secara presentase, hanya sedikit pengusaha di Indonesia yang mampu mengecap manisnya menuangkan strategi usaha laundry dengan media berbasis online. Ironisnya bagi kita, tiada hari tanpa internet, facebook, dan google. Sangat disayangkan, karena sebenarnya media itu terbuka lebar di hadapan kita. Namun, apa daya kita tak tahu apa-apa.

Seandainya hal tersebut bisa dimaksimalkan, mungkin para pengusaha hanya perlu standby ongkang-ongkang kaki. Banjir orderan setiap hari. Mereka hanya perlu menjaga kualitas pelayanan dan konsistensi. Bayangkan, jika marketing online berhasil, maka target penjualan akan menjanjikan. Usaha laundry online dan offline turut kecipratan. Setiap hari nerima order sampe keteteran. Hasilnya bisa buat beli pelabuhan…

 

Tips Strategi Marketing dan Promosi Bisnis Laundry

Daripada kebingungan dan terbayang-bayang omzet miliaran, kami berikan sedikit tips sederhana untuk menentukan strategi marketing usaha laundry yang mudah Anda lakukan.

  1. Amati Lingkungan Sekitar

Jika Anda memilih lokasi usaha laundry di kompleks perumahan yang keseharian para istri berprofesi sebagai ibu rumah tangga, maka akan semakin cepat Anda gulung tikar. Carilah lingkungan yang potensial bagi usaha Anda. Usaha laundry di perumahan padat penduduk, boleh juga! Lingkungan kampus dengan pelanggan mahasiswa, mantap jiwa! Berani kontrak di jalan protokol, cetar membahana! Intinya, Anda harus mempertimbangkan matang-matang dalam memilih lokasi yang tepat demi kemajuan usaha laundry Anda

  1. Perhatikan Perilaku Konsumen

Memerhatikan para konsumen akan memicu langkah-langkah bagaimana agar konsumen tersebut menjadi pelanggan setia. Jemput bola, eh… orderan, yang pertama. Salam dan sapa itu jangan lupa. Jadikan pelanggan terasa istimewa, dengan promo potongan harga. Pasti semua akan tertawa bahagia, hahaha…

Jika ada pelanggan yang kurang puas dengan hasil kinerja kita, berikan dia kompensasi. Tawarkan diskon 25% tiga kali cuci. Pelanggan yang keki, kini senang hati. Loyalitas dia tlah kembali. Besok pasti datang lagi.

  1. Quality Control yang Konsisten

Serius dalam bekerja akan membuat pelanggan bahagia. Pastinya, kita tak mau pelanggan komplen karena hasil cucian kita kurang memuaskan di mata mereka. Tancapkan dalam hati karyawan bahwa orderan dari pelanggan itu amanah yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Hasil pekerjaan karyawan Anda harus konsisten demi menjaga pelanggan tetap order ke laundry kita.

  1. Gunakan Media Promosi yang Menarik

Biasanya, pengusaha laundry hanya membatasi pada promo yang itu-itu saja. Maksudnya, promo diberikan kepada orang yang telah menggunakan atau ingin menggunakan jasa laundrynya. Bagaimana dengan orang yang belum mengenal jasa laundry Anda? Tentunya akan terasa sulit jika kita sendiri berusaha mengenalkan usaha laundry kita kepada mereka. Padahal, dari segi kualitas dan pelayanan, kita sudah maksimal dengan sepenuh hati. Namun ironisnya, ternyata mereka mengenal nama kita pun tidak… hiks.

Sebagaimana yang disebutkan di atas, penggunaan media berbasis online akan mempermudah dalam menjalankan strategi marketing usaha laundry kita. Saat ini, google dan facebook berlomba-lomba menawarkan jasa iklan kepada kaum netizen. Bahkan, dalam menentukan sasaran iklan, duo raksasa internet itu mampu memilah-milah siapa saja yang menjadi target marketing kita. Kita sekarang tak perlu susah-susah datang ke jalan perempatan sambil bagi-bagi brosur laundry. Mirisnya, dibaca aja enggak.

Jika Anda belum memaksimalkan media online yang tersedia, apa yang harus Anda lakukan? Mengatasi hal tersebut, Orchid BranD berusaha membantu pengusaha laundry untuk memasarkan usahanya dengan cara online (media sosial dan informasi umum) maupun offline (strategi pemasaran di lapangan). Untuk detailnya, Anda bisa menuju tautan ini Paket Jasa Marketing dan Promosi Bisnis Laundry.

  1. Doa dan Tawakal dalam Berusaha dan Berupaya

Sebaik dan sesempurna apapun yang kita lakukan, kita hanyalah manusia yang lemah di hadapan-Nya. Jangan lupa duduk bersimpuh merendah kepada-Nya untuk memanjatkan apa yang kita pinta. Syukuri apa yang telah kita terima diiringi dengan usaha dan upaya. Jadilah kita insan yang bertakwa dan berguna.

 

Banyak jalan menuju kesuksesan. Pelajarilah ilmu yang berkaitan dengan laundry. Kuasai seluruh teknik setrika dan mencuci. Jika Anda ingin fokus mendalami usaha laundry, maka dalamilah sedalam-dalamnya. Namun, jangan pernah mendalami air cucian, karena bisa buat orang kelimpungan.

 

Its Me – WJP

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.